Sabtu, 05 Agustus 2017

Mau Tulang Sehat Dan Kuat, Kuncinya Rutin Berlari





Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran kita, salah satu cabang olahraga yang banyak manfaat dan efesian adalah lari, dari berbagai penelitian lari terbukti memberikan berbagai manfaat untuk tubuh seperti menjaga kebugaran tubuh, memperkuat jantung, pembuluh darah dan yang tak kalah penting ternyata lari dapat menjaga tulang mu tetap kuat dan sehat.

Tahukah kamu dengan kamu rutin berlari akan memperkuat kekutan tulang, saat kamu berlari tumpuan akan sepenuhnya berada di kaki, dengan seiring berjalannya waktu tulang kamu akan semakin kuat karena terbiasa menerima beban berat saat kamu berlari, itu kenapa lari di sebut sebagai olahraga yang memiliki intensitas tinggi karena dampaknya yang langsung pada tulang dan sendi.

Pada saat kamu melakukan jogging atau jalan santai hampir tidak berpengaruh terhadap kepadatan tulang,berbeda halnya dengan kamu yang sering berlari, dengan berlari produksi mineral yang akan di hasilkan tubuh untuk menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari pengeroposan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari pun meningkat.

Lalu lari seperti apa yang baik untuk tulang, semuanya di lakukan secara bertahap kamu bisa memulainya dengan intensitas lari yang tidak terlalu tinggi misalnya dengan lari yang rutenya kurang dari 20 KM. Selanjutnya bila tubuh kamu sudah terbiasa dengan aktifitas lari yang kamu lakukan, kamu dapat melakukan anjuran yang di sarankan yaitu lari dengan rute sekitar 20-30 KM per minggu, tapi ingat menurut penelitian lari dengan jarak tempuh yang terlalu jauh justru akan berdampak pada kesehatan, penelitian menunjukan orang yang intensitas larinya memiliki rute sekitar 90 KM memiliki masalah kepadatan tulang yang buruk.

Yang harus kamu ketahui lari tidak akan berdampak banyak untuk keseluruhan tulang yang ada dalam tubuh kamu, lari juga harus kamu imbangi dengan cabang olahraga lainnya seperti latihan beban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar