Rabu, 09 Agustus 2017

Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Bayi.



Saat bayi memasuki imur 6 bulan, asupan makanan, seperti ASI tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya, makanan pendamping ASI sudah bisa di berikan, namun dengan memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan tersebut, beberapa ibu masih bingung makanan dengan kandungan seperti apa yang baik untuk mendampingi ASI memenuhi kebutuhan gizi bayi nya.

Nutirisi yang di bawah ini sangatlah baik untuk mendampingi ASI, memberi asupan gizi dan nutrisi yang seimbang untuk tumbuh kembang bayi bunda. Namun sebelum kamu memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) ada beberapa hal yang harus di perhatikan ibu, Yaitu sebagai berikut :

Syarat Pemberian MPASI
  • Pada tahun 2003, WHO Global Strategy for Feeding Infant and Young Children merekomendasikan agar pemberian MPASI memenuhi empat syarat, yaitu:
  • Tepat waktu. MPASI harus diberikan tepat waktu saat ASI sudah tidak dapat dijadikan asupan utama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Enam bulan merupakan usia yang tepat untuk pemberian MPASI.
  • Memadai. MPASI harus memiliki kandungan energi, protein, lemak, serat, dan mikronutrien yang dapat memenuhi nutrisi si Kecil sesuai dengan usianya.
  • Aman. MPASI harus disiapkan dan disimpan dengan cara yang aman dan yang paling utama harus higienis.
  • Diberikan dengan cara yang benar. MPASI harus diberikan dengan memperhatikan kapan si Kecil memberikan sinyal rasa lapar dan kenyang.
Sumber Makronutrien & Mikronutrien.


Sama seperti halnya usia anak dan dewasa, bayi pun membutuhkan kandungan nutrisi utama atau di sebut juga Makronutrien seperti karbohidrat, lemak, protein, dan serat. Sumber karbohidrat yang bisa bunda berikan untuk bayi seperti nasi, jagung, dan kentang, sedangkan untuk protein dapat bunda dapatkan dari kandungan berbagai sayuran seperti bayam, lentil, edamame, serta daging ayam dan ikan tanpa kulit.

Lemak baik seperti yang terkandung pada minyak zaitun, dan santan. Sementara untuk kebutuhan seratnya bunda bisa memberikan aneka sayuran dengan memberikan variasi pada saat penyajiaanya.

Sementara itu, mikronutrien yang sangat dibutuhkan pada MPASI adalah sebagai berikut:

1.   Zat Besi.


Kandungan zat besi yang terkandung dalam bayam, daging merah, dan hati hayam, sudah cukup memenuhi kandungan zat besi yang di butuhkan bayi usis 6-12 bulan, yaitu sekitar 11 mg perhari, dari ASI zat besi mendapatkan sekitar 0,2 mg, sehingga ke tiga makanan tersebut sangat di anjurkan untuk mendampingi ASI memberi nutrisi untuk bayi bunda.

2.   Kalsium Dan Vitamin B.


Anak bunda setidaknya membutuhkan asupan kalsium sebanyak 700 mg perhari hingga uianya mencapai 3 tahun, kebutuhan kalsium itu dapat di penuhi jika bunda memberikan makanan pendamping ASI, seperti sayur-sayuran (bayam, brokoli, kubis), kacang-kacangan, ikan, keju, dan yoghurt. sedangkan untuk kebutuhan sumber utama vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari maupun makanan seperti salmon, telur, yoghurt, dan jeruk.


3.   Zink.


Zink di butuhkan karena dapat menjaga kekebalan tubuh anak maupun bayi bunda, makanan seperti kacang-kacangan, daging dan seafood sangat baik untuk memenuhi kebutuhan zink untuk tubuh, kebutuhan zink yang di perlukan bayi usia 7-12 bulan sebanyak 2,5 mg.


4.   Multivitamin.


Vitamin A, E dan C, sangat di butuhkan untuk mendampingi tumbuh kembang bayi. Sumber vitamin A bisa didapatkan dari bayam, tomat, wortel, kuning telur, ikan, daging, dan hati ayam. Vitamin E dari sayur-sayuran hijau, telur, dan kacang-kacangan. Sementara itu, sumber vitamin C ada pada semua jenis buah, bayam, dan tomat.

Masa 6 bulan ke atas merupakan masa pertumbuhan bayi bunda, jadi sebisa mungkin berikanlah nutrisi ebaik mungkin yang bisa memenuhu kebutuhan gizi bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar