Jumat, 11 Agustus 2017

Jaga Kesehatan Tulang Dengan Melakukan 3 Hal Ini.


Tulang merupakan hal yang penting dalam tubuh, tidak hanya untuk menggerakan badan, fungsi tulang lebih dari itu. Fungsi lain seperti pelindung otak, pembentuk stuktur tubuh, dan menjaga dari benturan dan cedera lainnya.

Maka dari itu kita wajib menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, dengan selalu olahraga teratur dan memperhatikan asupan makanan yang mengandung nutrisi baik untuk tulang, selain itu kebiasaan sehari-hari kamu pun mempengaruhi bagi kekuatan dan kesehatan tulang.

Nah untuk menjaga kesehatan tulang ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, penjelasan di bawah ini bisa kamu terapkan untuk membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, berikut penjelasannya.


Tips Menjaga Kesehatan Tulang.

1.    Pastikan tubuh mendapatkan asupan kalsium dan vitamin D.

Susu bisa kamu konsumsi sehari-hari dengan dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa (usia 19-50 tahun) dan laki-laki (51-70 tahun) adalah 1.000 miligram (mg) kalsium per hari. Untuk wanita (> 50 tahun) dan laki-laki (> 70 tahun), disarankan untuk mengonsumsi 1.200 mg kalsium per hari.

Susu di anjurkan karena di dalamnya terkandung kalsiumdan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, tanpa vitamin D, tubuh kamu tidak akan menyerap kalsium secara optimal. Untuk orang dewasa usia 19-70 tahun, dosis vitamin D yang dianjurkan adalah 600 internasional units (IU) per hari. Anjuran dosis meningkat menjadi 800 IU per hari untuk orang dewasa berusia di atas 71 tahun.

Anda dapat menemukan kalsium dan vitamin D dalam makanan berikut:

  • Produk susu, susu kaya kalsium dan vitamin D
  • Kuning telur
  • Kacang-kacangan seperti almond, kacang putih
  • Brokoli, kale
  • Ikan seperti salmon, tuna, sarden
  • Produk kedelai, seperti tahu.

Selain dari susu, paparan sinar matahari khususnya pada pagi hari, juga baik untuk memberikan vitamin D untuk keehatan tubuh kamu, selain matahari dan sumber makanan alami lainnya, pemberian suplemen bisa di gunakan asal dengan resep dokter.

2.    Libatkan aktifitas fisik dalam aktifitas harian.

Sudah banyak di ketahui jika banyak bergerak akan memberi dampak yang baik untuk kesehatan tulang, saat kita aktif bergerak kemungkinan besar kita akan terhindar dari resiko terkena osteoporosis yaitu kondisi di mana tulang mengalami kerapuhan akibat berkurangnya kepadatan tulang.

Tidak perlu aktifitas berat, dengan kita rutin mealkukan jogging atau sekedar membeli sesuatu ke warung dengan berjalan kaki, itu sudah cukup ampuh menjaga kesehatan dan kepadatan tulang kita.

3.    Hindari rokok dan alkohol.

Sudah banyak yang mengetahui bahwa rokok dan alkohol tidaklah baik untuk kesehatan,  rokok dapat menyebabkan penyerapan kalsium untuk tulang terganggu, sehingga kalsium yang ada dalam tubuh justru terbuang sia-sia. Akibatnya tulang tidak akan berfungsi dengan baik.  Selain itu, perokok wanita lebih berisiko terkena masalah kesehatan setelah menopause dini daripada wanita yang tidak merokok. Tidak hanya rokok, alkohol juga membawa pengaruh buruk bagi tulang Anda. Pecandu alkohol berat terbukti berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

Penting untuk kamu, khususnya yang masih muda untuk memperhatikan kesehatan tulang dengan memastikan asupan kalsium dan Vitamin D yang seimbang untuk tubuh. Untuk memastikan tulang tetap sehat dan kuat sampai usia tua nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar