Senin, 19 Juni 2017

Cara Mudah Untuk Tetap Menjaga Kesehatan Tulang

Cara Mudah Untuk Tetap Menjaga Kesehatan Tulang - Memiliki tulang sehat serta terjauh dari segala ancaman penyakit tulang itu merupakan menjadi idaman semua manusia apalagi bagi para orang yang sudah lanjut usia. Maka dari itu agar kita tidak mengalami kerusakan tulang, kita harus menjaga kesehatannya sejak kecil. Karena tulang dan otot lah yang bekerja sama untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
 


Banyak sekali kelainan tulang yang bisa menyerang tulang jika tidak jiga dengan baik, diantaranya seperti osteoporosis, flu tulang, patah tulang, pegal-pegal bahkan kanker tulang. Namun, kelainan tersebut bisa dicegah dengan melakukan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tulang. Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan untuk memelihara kesehatan tulang anda.
  • Tidur di kasur yang nyaman.
Jika kita tidak tidur dengan kasur yang membuat kita tidak nyaman, maka hal tersebut akan menimbulkan rasa pegal yang akan berujung pada nyeri tulang karena posisi tidur yang salah. 
  • Duduk dengan posisi yang benar
Jika posisi duduk anda salah, maka kemungkinan besar akan menyebabkan kelainan pada tulang serta dapat menimbulkan rasa pegal-pegal. Maka dari itu duduklah dengan posisi yang benar seperti, kaki harus menapak pada lantai, duduk dengan posisi tegak dan santai, hindari menegadahkan kepala pada saat duduk serta gunakan kursi yang memiliki sandaran penuh hingga kepala.
  • Sering berjalan atau menaiki tangga
Sebagian orang ada yang merasa malas jika melihat banyak tangga. Apalagi jika tangga itu berukuran kecil serta banyak. Padahal, hal itu dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan tulang, terutama pada tulang kaki agar menjadi lebih kuat dan tidak mengalami kerusakan. Namun, jika anda sulit menemukan tangga, anda bisa berjalan-jalan setiap hari paling tidak 1-2 kilometer per hari.
  • Jangan terlalu lama berdiam diri
Jika kita terus-terusan berdiam diri dengan posisi yang sama, justru hal tersebut dapat mengganggu kesehatan tulang. Maka dari itu, lebih baik sesekali anda melakukan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan di tempat, memutar tubuh atau hal lainnya yang akan membantu menjaga kesehatan tulang anda.
  • Selalu rutin melakukan olahraga
Olahraga merupakan suatu kunci sehat tubuh seseorang. Termasuk untuk kesehatan tulang. Karena pada dasarnya tulang membutuhkan gerakan yang dilakukan secara terus menerus secara rutin untuk menjaga kesehatannya.
  • Mengonsumsi makanan yang berkalsium tinggi
Selain melakukan berbagai aktivitas, anda juga harus memenuhi nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dengan baik. Kandungan yang baik tersebut berupa kalisum yang bisa kalian dapatkan dalam susu, keju, yoghurt, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, tahu, tempe, susu kedelai, crackers atau malkist maupun produk hasil olahan ikan.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat dijadikan referensi dalam upaya menjaga kesehatan tulang. Terima kasih atas kunjungan anda dan Salam Sehat!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar